Selasa, 29 September 2015

7 Ciri-Ciri Sahabat Yang Baik

Dunia Kita - Sahabat sangat susah dicari, itu memang benar. Banyak orang lain yang ingin mendekatkan diri dengan kita jika membutuhkan sesuatu. Jika sesuatu yang dibutuhan telah dia dapatkan atau bahkan gagal didapat maka sejak saat itu komunikasi telah terputus. Sesuatu itu seperti uang, jabatan, kebutuhan kerja, kebutuhan hidup, percintaan, ataupun alasan lain. Dunia Kita akan mengulas seperti apa ciri-ciri sahabat yang baik dan akan ada untuk kita sampai kapanpun semampunya. Berikut ciri-cirinya.

1. Pendengar Yang Baik


    Sahabat yang baik mendengar keluh kesah anda (curhat), meluangkan waktunya disela-sela kesibukannya walaupun secara tidak sengaja kita menambah beban pikirannya. Sahabat yang baik juga memberi anda solusi yang baik meskipun itu sangat menyakitkan untuk anda. Karena pepatah mengatakan "Obat yang pahit itu yang menyembuhkan". 

2. Selalu Jujur pada Anda


    Sahabat sejati tidak pernah berbohong kepada anda, wlwpun dengan kasus tertentu terpaksa untuk berbohong demi kebaikan anda ataupun permintaan dari orang spesial didiri anda. Akan tetapi semua itu dilakukan dengan satu tujuan yaitu membuat anda jadi lebih baik. Sering kali terjadi kasus pertengkaran sahabat yang baik dan jujur menasihati anda namun anda tidak percaya dan malah terjadi pertengkaran. Kasus seperti ini sangat sering terjadi pada "percintaan". Seperti Quote yang ditulis oleh motivator ternama, "pekerjaan paling sia-sia didunia adalah menasehati orang yang sedang jatuh cinta - MT".

3. Selalu Siap Membantu Semampunya


    Dia akan selalu ada untuk anda, sudah wajar orang selalu ada disaat anda suka, namun jarang seseorang ada disaat anda duka. Bagi seorang sahabat, Mereka tidak membedakan suka duka, atau susah senang yang terjadi pada anda. Mereka selalu ada untuk anda dan siap mengulurkan tangannya dengan ikhlas. Baik dari segi material maupun spiritual.

4. Saling Mengerti Sifat Baik Maupun Buruk


    Pengertian adalah salah satu hal penting untuk menjaga baik suatu hubungan, apapun bentuk hubungan itu. Pengertian mengesampingkan keegoisan. Pengertian juga mengorbankan perasaan sendiri demi orang lain, sangat langka sahabat yang memiliki sifat ini. Seorang sahabat sedikit demi sedikit akan mengubah sifat buruk kita menjadi lebih baik, tentu saja dngan cara yang kita sukai agar tidak menyakitkan kita.

5. Bersaing Secara Sehat Dengan Anda



    Hidup itu kompetisi, jika tidak berkompetisi kita tidak akan bisa beradaptasi dan berevolusi di dunia ini. Namun yang paling susah dari kompetisi adalah bersaing secara sehat dan mengakui hasil secara sportif. Sahabat yang baik adalah seseorang yang bisa melakukan keduanya. Sehingga setiap hasil dari kompetisi yang dilakukan oleh beberapa orang yang bersahabat akan berakhir dengan ucapan selamat dan senyum lebar di wajah mereka.

6. Tenggang Rasa dan Toleransi


    Indonesia adalah negara dengan budaya yang kaya dan terdiri dari 5 agama. Jelas sekali dalam suatu kelompok terdiri dari suku, ras dan agama yang berbeda. Dan semua hal ini sangat sensitif untuk diperdebatkan, bahkan banyak kerusuhan yang diakibatkan oleh tindakan negatif yang membawa unsur ini.
    Seorang sahabat yang baik akan mengerti apa yang harus dilakukan kepada sahabatnya yang "berbeda". Toleransi, tenggang rasa, sudah diajarkan semenjak kita SD. Menjelek-jelekkan keyakinan orang lain seperti pedang bermata dua, secara tidak langsung mereka akan membalas dengan mejelek-jelekkan keyakinan kita sendiri.
    Perlakukan mereka selayaknya kita ingin diperlakukan, hindarkan perdebatan yang membawa unsur ini.

7. Nama Jelek / Nama Panggilan / Alias


    Mungkin bagi sebagian orang, nama jelek itu sangat menjengkelkan. Tapi jika kita perhatikan, anda diakui keberadaannya jika anda mendapat nama jelek. Nama jelek adalah bukti bahwa ada seseorang yang dekat dengan anda dan bebas untuk berekspresi tanpa memandang status anda. Tentu saja didasarkan rasa senang akan bercanda. Seseorang lebih menyedihkan jika selama hidupnya hanya bertemu orang sekilas dan hanya bertegur sapa untuk basa-basi saja.


Referensi : merdeka.com

Requested by : Wahyu Putra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar